Selasa, 22 November 2011

Penyebab Kekalah Timnas di Final Sea Games

Kekalahan Timnas U-23 Indonesia dari Malaysia menambah kesedihan bagi seluruh warga Negara Indonesia terlebih suporter fanatik Timnas Indonesia.


Pertandingan Final Sepakbola SEA Games yang dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (21 November 2011) dipadati kurang lebih 80ribu penonton, dan hampir mayoritas penonton adalah warga Negara Indonesia. Harapan ingin melihat Tim Sepakbola Indonesia meraih gelar ternyata belum tercapai.
Inilah beberapa alasan atau penyebab kenapa Timnas kita kalah lagi untuk yang kedua kalinya, dan alasan ini Saya peroleh dari pengamatan langsung oleh mata dan kepala saya sendiri yang melihat langsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno pertandingan antara Timnas U-23 Vs Malaysia.

Pertama, alasannya karena ulah dari suporter Timnas Garuda itu sendiri, kenapa karena ketika Timnas Malaysia menyanyikan lagu kebangsaannya suporter kita menghina dan mengganggunya. Dan hal tersebut menjadikan Malaysia menjadi Termotivasi, kita lihat satu contoh ketika pertandingan liga inggris antara Liverpool melawan Chelsea, Liverpool bangkit ketika Chelsea memasukan Torres dan Mireles dan itu membuat Liverpool termotivasi untuk memenangkan pertandingan tersebut, dan hasil terakhir Liverpool menang dengan sekor 2-1. jadi motivasi yang didapatkan oleh Malaysia karena ulah suporter kita sendiri.

Yang kedua yang menjadi alasan kekalahan Timnas yaitu kurangnya konsentrasi ketika Timnas telah unggul. Inkonsistensi diperlihatkan Garuda muda pada saat situasi sedang unggul juga terlihat pada pertandingan sebelum-sebelumnya melawan Thailand dan Singapura. Thailand dan Singapura dengan kondisi kekurangan pemain (akibat kartu merah) bisa merepotkan lini tengah dan belakang Indonesia. Tentu saja ini bukan hal yang baik bagi Garuda Muda kedepannya. Seharusnya dengan situasi unggul atas lawan, kita harus lebih fokus pada semua lini. Kedisiplinan dalam menjaga pemain lawan sangat diperlukan pada saat situasi sedang unggul, apalagi cuma unggul 1-0. Yang saya pribadi sesalkan pada pertandingan Final Sea Games ini adalah kelengahan Garuda Muda Indonesia dalam mengatasi situasi yang sedang unggul atas lawan. Pertandingan sepakbola berlangsung selama 90 menit, bukan hanya 20 menit awal.

Semoga kekalahan ini tidak menjatuhkan semangat juang skuad merah putih. Tidak menyurutkan dukungan masyarakat terhadap timnas. Serta Timnas U23 “Garuda Muda” Indonesia mampu berbenah diri dengan menjadikannya sebagai motivasi, modal serta pelajaran berharga untuk pada akhirnya keluar menjadi juara.

"Ketika anda Kalah, anda harus cepat melupakannya dan konsentrasi berlatih untuk memenangkan turnamen selanjutnya" (Jose Mourinho - Real Madrid Coach)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar